20 Trik Cara Membersihkan Rumah (Part 1)

Komentar

1. Membersihkan Spon Di Microwave

Pada umumnya permukaan spons pencuci piring menyimpan berbagai jenis bakteri. Meski tidak semuanya berbahaya dan menyebabkan penyakit, namun patogen tersebut tetap perlu diwaspadai, terutama pada orang dengan kekebalan tubuh yang rendah seperti anak-anak dan orang lanjut usia.

Agar spons tetap bersih, cuci setiap kali selesai digunakan. Kalian bisa mengurangi kuman dalam spons dan menyingkirkan sebagian besar bakteri yang menempel, walaupun ini mungkin tidak mudah.

Membersihkan spons melalui microwave dan mesin pencuci piring adalah cara efektif untuk membunuh beberapa bakteri, jamur dan ragi. 

Tetapi ada beberapa peringatan seperti: spons sintetis bisa terbakar di microwave. Gelombang dan model pencuci piring dapat bervariasi, kalian harus tetap memperhatikan suhunya.

2. Membersihkan Lemari Menggunakan baking soda dan minyak kelapa

Jika interior rumah kalian dalam keadaan kotor, jangan buru-buru dulu menghabiskan banyak uang untuk membeli pembersih. Jangan-jangan, sebenarnya kalian sudah memiliki berbagai macam pembersih alami, hanya saja kalian tidak menyadarinya.

Pembersih alami seperti baking soda dan minyak kelapa selain lebih murah, ternyata relatif lebih aman daripada bahan-bahan kimia.

Cara penggunaannya cukup mudah, cukup taburkan baking soda dan oleskan minyak kelapa pada lemari yang kotor lalu gosok perlahan menggunakan sikat gigi yang tidak terpakai, jika sudah biarkan selama beberapa menit, lalu bersihkan menggunakan lap kering.

Bagaimana? Mudah bukan untuk membersihkan lemari menggunakan bahan yang murah ini?

3. Mencuci Mainan Kecil Menggunakan Tas Laundry 

Mungkin kalian akan berfikir jika mesin cuci hanya bisa digunakan untuk mencuci pakaian, nyatanya tidak hanya pakaian saja. Semua bisa kalian cuci menggunakan tas laundry, termasuk mainan kecil.

Jika kalian memiliki anak, tentunya akan ada banyak mainan yang berserakan di dalam rumah. 

Mainan anak tentunya memiliki sejumlah bakteri, maka dari itu perlu juga untuk di cuci. Cara mencuci mainan dengan mudah bisa kalian gunakan tas laundry yang tidak terpakai, lalu masukkan sejumlah mainan di dalamnya agar saat mencuci tidak berhamburan kemana-mana.

4. Nampan Kue Bersih Seperti Baru

Kalian mungkin menyukai aktivitas membuat kue saat di dapur, terutama para wanita. Dan kalian pasti kesal saat melihat nampan kue yang sudah berwarna kecoklatan akibat sering terpanggang.

Jangan terburu-buru untuk membeli yang baru, karena bahan dapur kalian bisa mengubah nampan menjadi seperti baru.

Caranya mudah, cukup berikan baking soda dan hydrogen peroxide dan biarkan selama beberapa saat. Jika sudah cukup bersihkan menggunakan lap basah. Nah, nampan pun berubah menjadi seperti baru kembali.

5. Membersihkan Kipas Angin Dengan Penutup Bantal

Kipas angin merupakan sesuatu interior yang wajib dipasang di dalam rumah, terutama jika rumah kalian berada di dataran rendah.

Mungkin kalian hanya menggunakan saja tanpa memperdulikan bagaimana kondisi kipas angin itu. Diantara kalian pasti akan berfikir jika sulit untuk membersihkannya. 

Tidak sulit lagi ketika kalian menemukan barang yang bisa dengan mudah untuk membersihkan kipas angin. Jika kalian mempunyai penutup bantal yang tidak terpakai, bisa kalian gunakan untuk membersihkannya. Bungkus kipas angin dengan penutup bantal untuk membersihkannya.

6. Membersihkan Diantara Kaca Oven

Membersihkan oven merupakan hal yang jarang sekali dilakukan. Terutaman bagian sela-sela kacanya. Tetapi untuk membersihkan sela-sela kacanya mungkin tidak akan mudah, dan harus membongkarnya. 

Tetapi jika kalian mempunyai gantungan kawat, tisu angin dan  beberapa karet gelang mungkin akan membantu kalian dengan mudah.

7. Menghapus label dalam sekejap

Kenapa keramik selau menggunakan label? Bahkan saat melepasnya membutuhkan waktu yang lama bahkan sangat lengket. Bagaimana cara mengatasinya?

Masukkan keramik yang masih tertera label ke dalam wastafel yang berisi air, lalu teteskan pembersih piring ke dalamnya. Biarkan beberapa saat sampai label mengelupas dengan sendirinya.

8. Gunakan Garam Untuk Membersihkan Setrika


Setrika merupakan alat rumah tangga yang berfungsi untuk menghaluskan pakaian dan menghilangkan kusut pakaian sehingga pakaian yang kita kenakan menjadi rapi dan enak dilihat.

Akan tetapi jika setrika tidak dirawat dengan benar, maka permukaan yang licin pada setrika itu bisa mudah kotor. Jika sudah kotor, biasanya setrikaan jadi sulit digunakan dan permukaannya jadi tidak panas lagi.

Untuk itu penting agar selalu menjaga permukannnya tetap licin dan bebas dari kotoran, tapi ketika sudah terlanjur ada kotoran yang menempel sebaiknya segera dibersihkan.

Kalian bisa memanfaatkan garam untuk membersihkan kotoran yang menempel di permukaan setrika. Bagaimana caranya?

Alat-alat yang diperlukan untuk membersihan kotoran setrika dengan garam adalah : selembar kertas, garam, kain basah saja.

Nyalakan setrika seperti biasa, kemudian letakan kertas di atas sebuah alas lalu taburkan sedikit garam pada seluruh permukaan kertas.

Selanjutnya, gosok kertas dengan alat setrika. Setelah itu, cabut dan matikan setrikaan, diamkan hingga setrika benar-benar dingin.

Setelah dingin, lap permukaan setrika menggunakan kain basah hingga semua kotorannya terangkat. Ingat, basahi kain secukupnya saja jangan terlalu banyak air.

 9. Pembersih Rambut di Karpet

Karpet maupun sofa, jika tidak dibersihkan pasti akan berdebu dan penuh dengan bakteri, terutama jamur. Bagaimana cara untuk membersihkannya? Gunakan penata rambut untuk menyisir sofa dan karpet, agar rambut dapat semuanya menghilang.

Sebaiknya bersihkan sekitar 1 bulan sekali, agar sofa dan karpet tidak terlihat kumal.

10. Sarung Tangan Karet untuk Menghilangkan Bulu

Kalian pasti memiliki hewan peliharaan yang berbulu dirumah, biasanya kucing dan anjing. Bagaiana jika banyak bulu yang berceceran di sofa? 

Jangan membersihkan dengan kemoceng, karena akan tersebar kemana-mana. Sebaiknya gunakan sarung tangan dan celupkan ke dalam air. 

Permukaannya akan menjadi lembab, dan permukaan karet yang lembab dapat mengangkat bulu yang ada di sofa seperti magnet.



Top