Seberapa Sering Kamu Perlu Mencuci Semuanya

Komentar
Membesihkan barang dirumah bisa jadi pekerjaan yang menguras tenaga dan seringkali membuat banyak orang malas melakukannya. Tapi jika kalian punya banyak jenis benda, sebaiknya kamu tahu mana saja yang harus sering dicuci dan mana yang tidak. karena ini akan sangat membantu kalian menghemat tenaga dan air untuk mencuci. Lalu apa saja yang harus di cuci setiap hari dan bahkan setiap bulan sekali? Kita akan memberikan tips dan trik kapan saja kalian harus membersihkan barang-barang di rumah.

1. Setiap Memakai

 

Beberapa pakaian yang harus kamu cuci setelah dipakai seperti celana ketat, kaos atasan,  dan kemeja. Kenapa harus langsung dicuci ketika selesai di pakai? Karena pada umumnya bahan-bahan kain seperti kemeja umumnya berbahan tipis dan mudah menyerap keringat serta dapat menjadi sarang untuk bakteri, jadi harus langsung di cuci setelah pemakaian.

2. Setiap Hari


  
Untuk yang harus dicuci setiap hari adalah handuk. Beberapa yang harus di cuci setiap hari adalah handuk tangan, sapu tangan, dan beberapa pakaian yang sudah kalian gunakan. Agar tidak menjadi sarang kuman dan bakteri kalian harus rajin untuk mencuci pakaian serta handuk yang kalian gunakan. Terutama sapu tangan, karena tekstur yang lembab dan penuh kotoran rentan di tumbuhi sarang penyakit. Jadi rajin-rajin lah untuk membersihkan ya..

3. Setiap 3 Kali Pemakaian

Ada juga yang harus di cuci ketika sudah mencapai pemakaian ketiga. Apa saja contohnya? Seperti baju tidur, handuk mandi, pakaian dalam, baju panjang, rok, baju tebal, celana jeans dan celana panjang. Kenapa harus dicuci setelah 3 kali pemakaian? Karena di sesuaikan dengan bahan dasar pembuatannya. Jika tidak, sesuaikan dengan lama tidaknya kamu menggunakan pakaian tersebut.

4. Setiap Minggu

Sprei, pelindung bantal dan tikar kamar mandi, kenapa harus di cuci setiap minggu? Karena pada umumnya seseorang pasti akan menempati kamar tidur mereka setiap hari bahkan setiap saat, belum tentu jika mereka selalu bersih dari kotoran, pasti bakteri akan mudah menempel pada kasur. Apalagi kebiasaan kalian yang selalu tidur dengan keadaan belum bersih setelah melakukan aktivitas diluar ruangan. Lalu ada lagi tikar kamar mandi, jika tidak dibersihkan setiap minggu pasti akan jadi sarang penyakit, dengan keadaannya yang selalu lembab pasti mudah untuk berkembangnya bakteri. 

5. Setiap Bulan

Jubah mandi, kasur serta sarung bantal juga perlu untuk di bersihkan, sekiranya satu bulan sekali untuk menghemat air serta tenaga, serta dilihat dari pemakaian sehari-hari. Jubah mandi dicuci setelah pemakaian sebulan karena terkadang kalian jarang menggunakannya setelah mandi, dan lebih sering menggunakan handuk. Kenapa kasur juga harus di bersihkan? Walaupun kasur sudah diberi sprei, tetapi kalian juga wajib untuk membersihkannya karena bakteri juga dapat menembus sela-sela kecil melalui sprei. Jadi jangan malas untuk membersihkannya.

6. Setiap 3 Bulan Sekali

Beberapa barang yang harus di cuci setiap 3 bulan sekali seperti tirai kamar mandi, selimut, karpet, dan pakaian tambahan seperti jaket. Bersihkan tirai kamar mandi setiap 3 bulan sekali agar selalu bersih. Kenapa pencucian di lakukan 3 bulan sekali? Karena jenis barang yang digunakan bahannya berasal dari bahan yang tebal. Terutama yang harus dibersihkan adalah karpet, karena karpet selalu menjadi tempat bersarangnya kuman dengan penempatannya yang berada di lantai.

7. Setiap 6 Bulan Sekali

Meski kamar tidur dalam keadaan tertutup rapat, debu dan kotoran akan selalu hinggap di setiap sudut kamar kalian. itu sebabnya secara rutin dalam 6 bulan sekali kamar tidur serta bantal harus di bersihkan. Hal ini dilakukan untuk menjaga diri dari bakteri yang sudah bertebaran dan tumbuh di sekita kamar tidur. Jadi jangan malas-malas ya untuk membersihkan kamar serta membersihkan keseluruhan yang ada di dalam rumah kalian dengan waktu yang yang sudah di tentukan.


 
Top